#fiqihwanita_

Posts tagged on #fiqihwanita_

Top Posts Recent Posts

Top Posts

.

. "Wanita yang menjadi istrimu saat ini, adalah anak gadis yang begitu dicintai keluarganya. Mungkin hanya emas yang belum mengisi perutnya. Itupun karena emas memang tidak untuk dimakan." (Cinta Sebelum Jumpa hal 145) Buku ini tentang Cinta, Rasa, & Rupa ; bahwa tidak ada cinta sejati berlandaskan raga, tidak ada rasa abadi jika sandarannya rupa. Cinta sejati itu seperti ibu; sosok yang bisa mencintai anaknya bahkan sejak dua garis berjuta rasa. . ➡Tag Seseorang 📌 UNTUK VIDEO SELANJUTNYA ? 👇👇👇👇👇👇👇👇👇 👤Follow: @amirulkhakim 8 . . #hijrahyuk #muslim #muslimah #negerisantri #istiqomah #nasehat #kajianislam #beraniberhijrah #indonesiatanpapacaran #muhasabahdiri #motivasi #berbagisemangat #wanitamuslimah #hidayah #fiqihwanita_ #sahabatsurga #remajaislami #mahasiswamuslim #mahasiswa #jomblofisabilillah #santriindonesia #santriindonesia #santriwati #mahasiswimuslimahid #videoislam #hijrah #santri #islam #inspirasi #dakwah #istiqomah ...

iya saking merdunya gak hanya masuk lewat telinga tapi sampai ke hati 💕
#daeent 🌻
.
.
cek more @daeent
cek more @daeent
.
.

source image : Pinterest 💻
📩

iya saking merdunya gak hanya masuk lewat telinga tapi sampai ke hati 💕 #daeent 🌻 . . cek more @daeent cek more @daeent . . source image : Pinterest 💻 📩"we did'nt find the watermark on pinterest, please comment/Dm if you find your content in a post that requires credit" kami tidak menemukan adanya watermark di pinterest, tinggalkan comment/dm jika menemukan konten anda dalam sebuah postingan kami yang memerlukan credit hastag : #sahabatmuslimah #negeriakhirat #yukngaji #remajaislami #islamicquotes #muslimahquote #muslimquote #kembalihijrah #diaryislami #IndonesiaTanpaPacaran #tempatbercakap #dakwahtauhid #muslimahtalk #fiqihwanita_ #beraniberhijrah #hijrahsantun #hijrahsantun #diaryislami #MuslimahMudaMendunia #overhead #dakwahitucinta #30haribercerita ...

Bahaya Banyak Tertawa 📃
.
Tertawa dan bercanda bagaikan garam dalam kehidupan. Tertawa dan bercanda dibutuhkan oleh manusia dalam menjalani kesibukan sehari-hari yang terkadang menjenuhkan, bahkan suri teladan kita Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam terkadang tersenyum dan tertawa bahkan bercanda dengan para sahabatnya dan anak kecil.
.
Kebahagiaan yang sejati itu bukan berupa tertawa dan sering bercanda, tetapi bahagia itu adalah rasa tenang dan ketentraman dalam hati. Inilah tujuan kehidupan seorang muslim di dunia dan Allah turunkan ketenangan pada hati seorang muslim.
.
“Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada).” [AL-Fath: 4]
.
Jadi bercanda dan tertawa boleh-boleh saja, asalkan tidak dilakukan terus menerus dan menjadi kebiasaan hidupnya. Terlalu banyak tertawa akan membuat keras hati bahkan bisa mematikan hati. Hati sulit menerima kebenaran dan tersentuk dengan kebaikan dan kelembutan.
.
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
.
“Dan janganlah terlalu banyak tertawa. Sesungguhnya terlalu banyak tertawa dapat mematikan hati.” [HR. Tirmidzi 2/50, Dishahihkan Al-Albani]
.
Kehidupan di dunia ini tidaklah disikapi dengan bercanda terus dan tertawa terus. Apalagi kehidupan di dunia ini hanya sementara dan merupakan tempat menanam bekal untuk kehidupan akhirat yang selamanya. Apakah bisa kita menanam bekal dengan terus-menerus bercanda dan tertawa? Bahkan jika kita memikirkan nasib kita yang belum pasti apakah masuk neraka atau surga, kita akan banyak menangis dan sedikit tertawa.
.
Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
.
“Surga dan neraka ditampakkan kepadaku, maka aku tidak melihat tentang kebaikan dan keburukan seperti hari ini. Seandainya kamu mengetahui apa yang aku ketahui, kamu benar-benar akan sedikit tertawa dan banyak menangis.”
.
Anas bin Malik –perawi hadits ini mengatakan, “Tidaklah ada satu hari pun yang lebih berat bagi para Sahabat selain hari itu. Mereka menutupi kepala mereka sambil menangis sesenggukan.” [HR. Muslim, no. 2359]
.
https://muslim.or.id/43399-terlalu-banyak-tertawa-mengerask.

Bahaya Banyak Tertawa 📃 . Tertawa dan bercanda bagaikan garam dalam kehidupan. Tertawa dan bercanda dibutuhkan oleh manusia dalam menjalani kesibukan sehari-hari yang terkadang menjenuhkan, bahkan suri teladan kita Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam terkadang tersenyum dan tertawa bahkan bercanda dengan para sahabatnya dan anak kecil. . Kebahagiaan yang sejati itu bukan berupa tertawa dan sering bercanda, tetapi bahagia itu adalah rasa tenang dan ketentraman dalam hati. Inilah tujuan kehidupan seorang muslim di dunia dan Allah turunkan ketenangan pada hati seorang muslim. . “Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada).” [AL-Fath: 4] . Jadi bercanda dan tertawa boleh-boleh saja, asalkan tidak dilakukan terus menerus dan menjadi kebiasaan hidupnya. Terlalu banyak tertawa akan membuat keras hati bahkan bisa mematikan hati. Hati sulit menerima kebenaran dan tersentuk dengan kebaikan dan kelembutan. . Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, . “Dan janganlah terlalu banyak tertawa. Sesungguhnya terlalu banyak tertawa dapat mematikan hati.” [HR. Tirmidzi 2/50, Dishahihkan Al-Albani] . Kehidupan di dunia ini tidaklah disikapi dengan bercanda terus dan tertawa terus. Apalagi kehidupan di dunia ini hanya sementara dan merupakan tempat menanam bekal untuk kehidupan akhirat yang selamanya. Apakah bisa kita menanam bekal dengan terus-menerus bercanda dan tertawa? Bahkan jika kita memikirkan nasib kita yang belum pasti apakah masuk neraka atau surga, kita akan banyak menangis dan sedikit tertawa. . Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, . “Surga dan neraka ditampakkan kepadaku, maka aku tidak melihat tentang kebaikan dan keburukan seperti hari ini. Seandainya kamu mengetahui apa yang aku ketahui, kamu benar-benar akan sedikit tertawa dan banyak menangis.” . Anas bin Malik –perawi hadits ini mengatakan, “Tidaklah ada satu hari pun yang lebih berat bagi para Sahabat selain hari itu. Mereka menutupi kepala mereka sambil menangis sesenggukan.” [HR. Muslim, no. 2359] . https://muslim.or.id/43399-terlalu-banyak-tertawa-mengerask ...

.
Mari kita aamiinkan sahabat 🙏 ⁣
.⁣
Semoga kita dilancarkan rezeki sehingga bisa membeli atau membangun rumah terbaik, atau bahkan minimal seperti ini.. 🏡❤ Aamiin... 😍👍⁣
Semoga bisa menjadi inspirasi. 😘⁣
.⁣
Tag Sahabat/pasangan tersayangmu!
.
Yuk Follow @jadi_sholehah 
Yuk Follow @jadi_sholehah 
belajar biar makin sholehah amiinn
.
Karena hidayah harus dijemput & ilmu harus dibagi 💛💛💛
.
InsyaAllah Bermanfaat
.
.
.
.
Credit @rumahmodern 
#desainrumahidaman #dakwahislam #muhasabah #ukhuwah #sahabatsurga #banggajadimuslimah #negeridakwah #tadabburquran #rasulullahﷺ #tentangislam #cintarasulullah #cintaquran #sejutakajian #motivasihidup #fromhijrahtodakwah #kataustad_ #beraniberhijrah #negriakhirat #istikharahcinta #pendosahijrah #tausyiahku #jofisah_berdakwah #hijrahislam10 #maknahijrah #kisahcintamuslimah #beranihijrah #felixsiauw #fiqihwanita_ #fikihwanita.

. Mari kita aamiinkan sahabat 🙏 ⁣ .⁣ Semoga kita dilancarkan rezeki sehingga bisa membeli atau membangun rumah terbaik, atau bahkan minimal seperti ini.. 🏡❤ Aamiin... 😍👍⁣ Semoga bisa menjadi inspirasi. 😘⁣ .⁣ Tag Sahabat/pasangan tersayangmu! . Yuk Follow @jadi_sholehah Yuk Follow @jadi_sholehah belajar biar makin sholehah amiinn . Karena hidayah harus dijemput & ilmu harus dibagi 💛💛💛 . InsyaAllah Bermanfaat . . . . Credit @rumahmodern #desainrumahidaman #dakwahislam #muhasabah #ukhuwah #sahabatsurga #banggajadimuslimah #negeridakwah #tadabburquran #rasulullah#tentangislam #cintarasulullah #cintaquran #sejutakajian #motivasihidup #fromhijrahtodakwah #kataustad_ #beraniberhijrah #negriakhirat #istikharahcinta #pendosahijrah #tausyiahku #jofisah_berdakwah #hijrahislam10 #maknahijrah #kisahcintamuslimah #beranihijrah #felixsiauw #fiqihwanita_ #fikihwanita ...

[ HENTIKAN CURHAT DIMEDSOS ]⁣
⁣
Ketika kamu mengeluh : Berat banget beban gw, gak sanggup rasanya,, aaarrrgghhh!⁣
⁣
Allah Berfirman : AKU tidak membebani⁣
seseorang, melainkan sesuai kesanggupan. (QS. Al-Baqarah : 286)⁣
⁣
Ketika kamu mengeluh : Ah,.. gue cuma orang biasa, mana mungkin bisa?⁣
⁣
Allah Berfirman : Jika AKU menghendaki, cukup Kuberkata 'Jadi', maka jadilah

[ HENTIKAN CURHAT DIMEDSOS ]⁣ ⁣ Ketika kamu mengeluh : Berat banget beban gw, gak sanggup rasanya,, aaarrrgghhh!⁣ ⁣ Allah Berfirman : AKU tidak membebani⁣ seseorang, melainkan sesuai kesanggupan. (QS. Al-Baqarah : 286)⁣ ⁣ Ketika kamu mengeluh : Ah,.. gue cuma orang biasa, mana mungkin bisa?⁣ ⁣ Allah Berfirman : Jika AKU menghendaki, cukup Kuberkata 'Jadi', maka jadilah" (QS. Yaasiin ; 82)⁣ ⁣ Ketika kamu mengeluh : Capek banget gw⁣ ⁣ Allah Berfirman : ...dan KAMI jadikan tidurmu untuk istirahat. (QS.An-Naba:9)⁣ ⁣ Ketika kamu mengeluh : Stressss nih.... Pusing!⁣ ⁣ Allah Berfirman : Hanya dengan mengingatku hati akan menjadi tenang? (QS. Ar- Ra’d :28)⁣ ⁣ Ketika kamu mengeluh : Yaaaahh... ini mah semua bakal sia-sia.⁣ ⁣ Allah Berfirman : Siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji dzarah sekalipun, niscaya ia akan melihat balasannya. (QS. Al-Zalzalah:7)⁣ ⁣ Ketika kamu mengeluh : Gile aje...gw sendirian...gakada seorangpun yang mau bantuin...pada sendiri-sendiri woy⁣ ⁣ Allah Berfirman : Berdoalah (mintalah) kepadaKU, niscaya Aku kabulkan untukmu (QS. Al-Mukmin:60)⁣ ⁣ Ketika kamu mengeluh : Duh...sedih banget deh gw...hikks?⁣ ⁣ Allah Berfirman : La Tahzan, Innallaha Ma’ana. Janganlah kamu berduka cita sesungguhnya Allah beserta kita: (QS.At- Taubah :40)⁣ ⁣ Jadi Masih ada yang mau mengeluh di sosmed dan didepan orang-orang dibanding di depan-Nya?⁣ .⁣ Semoga bermanfaat🌹 .⁣ .⁣ Tag Sahabatmu 😊⁣⁣ .⁣⁣ 👤 Follow 👉 @komunitasnekadhijrah ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ 👤 Follow 👉 @komunitasnekadhijrah ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ 👤 Follow 👉 @komunitasnekadhijrah ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ ...

﷽ .
.
Baju kok itu itu aja?

Duhai saudariku, jika kau melihatku sering kali memakai pakaian yang sama. Bukan berarti aku tak bisa membeli beberapa baju sepertimu. Hanya saja, aku tak ingin membuat pakaian yang kubeli akan menjadi mubazir, aku tak ingin pakaian yang kubeli ternyata tak membuat manfaat untuk akhiratku, namun hanya menjadikan memberatkan hisabku.

Duhai saudariku, sungguh diri ini mampu membeli beberapa baju sepertimu. Bahkan diri ini pun terkadang tak bisa melawan hawa nafsu sebagai naruli perempuan ketika melihat sesuatu yang bagus.

Namun saudariku, sebagus apapun pakaianmu kelak pakaian terakhirmu adalah kain yang tak begitu cantik, dan tiada apapun yang tersemat pada kain kafanmu selain hanya tubuhmu.

Duhai saudariku, ringankanlah hisabmu dengan mengurangi koleksi tiada manfaat untuk akhiratmu.

Allah Ta'ala  berfirman:

ثُمَّ لَـتُسْئَـلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيْمِ .
.

﷽ . . Baju kok itu itu aja? Duhai saudariku, jika kau melihatku sering kali memakai pakaian yang sama. Bukan berarti aku tak bisa membeli beberapa baju sepertimu. Hanya saja, aku tak ingin membuat pakaian yang kubeli akan menjadi mubazir, aku tak ingin pakaian yang kubeli ternyata tak membuat manfaat untuk akhiratku, namun hanya menjadikan memberatkan hisabku. Duhai saudariku, sungguh diri ini mampu membeli beberapa baju sepertimu. Bahkan diri ini pun terkadang tak bisa melawan hawa nafsu sebagai naruli perempuan ketika melihat sesuatu yang bagus. Namun saudariku, sebagus apapun pakaianmu kelak pakaian terakhirmu adalah kain yang tak begitu cantik, dan tiada apapun yang tersemat pada kain kafanmu selain hanya tubuhmu. Duhai saudariku, ringankanlah hisabmu dengan mengurangi koleksi tiada manfaat untuk akhiratmu. Allah Ta'ala berfirman: ثُمَّ لَـتُسْئَـلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيْمِ . . "kemudian kamu benar-benar akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan (yang megah di dunia itu)." (QS. At-Takasur 102: Ayat 8) Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya” (HR. at-Tirmidzi no. 2417) . . 🌹 ©rzqsnd | rizqa sanditya #fiqihmuslimah #fiqihwanita_ ...

Bismillah.
.
[ TAG SAHABAT KAMU = PAHALA INSYAALLAH ]
.
Bagimu yang gemar mencela dan gemar menghina dengan julukan-julukan binatang, perhatikan..!.
. 👤 Imam An Nawawi rahimahullah berkata :
.
ومن الألفاظ المذمومة المستعملة في العادة قوله لمن يخاصمه: يا حمار، يا تيس، يا كلب، ونحو ذلك، فهذا قبيح لوجهين: أحدهما: أنه كذب. والآخر: أنه إيذاء.
.
“Diantara lafadz yang tercela yang biasa digunakan orang untuk mencela orang yang berselisih denganya adalah perkataan ‘wahai keledai‘, ‘wahai kambing‘, ‘wahai anjing‘ atau semacamnya. Perkataan ini tercela dari 2 sisi: (1) itu merupakan dusta, (2) itu merupakan gangguan terhadap orang lain.

Bismillah. . [ TAG SAHABAT KAMU = PAHALA INSYAALLAH ] . Bagimu yang gemar mencela dan gemar menghina dengan julukan-julukan binatang, perhatikan..!. . 👤 Imam An Nawawi rahimahullah berkata : . ومن الألفاظ المذمومة المستعملة في العادة قوله لمن يخاصمه: يا حمار، يا تيس، يا كلب، ونحو ذلك، فهذا قبيح لوجهين: أحدهما: أنه كذب. والآخر: أنه إيذاء. . “Diantara lafadz yang tercela yang biasa digunakan orang untuk mencela orang yang berselisih denganya adalah perkataan ‘wahai keledai‘, ‘wahai kambing‘, ‘wahai anjing‘ atau semacamnya. Perkataan ini tercela dari 2 sisi: (1) itu merupakan dusta, (2) itu merupakan gangguan terhadap orang lain." (Kitab Al Adzkar 365) . . 👤 Sa’id bin Al Musayyab rahimahullah berkata : . لَا تَقُلْ لِصَاحِبِكَ: يَا حِمَارُ، يَا كَلْبُ، يَا خِنْزِيرُ. فَيَقُولَ لَكَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ: أَتُرَانِي خُلِقْتُ كَلْبًا أَوْ حِمَارًا أَوْ خِنْزِيرًا؟. . “Jangan engkau berkata kepada temanmu ‘wahai keledai‘, ‘wahai anjing‘, ‘wahai babi‘. Sehingga kelak di hari kiamat engkan akan ditanya: ’apakah engkau melihat aku diciptakan sebagai anjing atau keledai atau babi?’." (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf 5/282). . 👤 Ibrahim An Nakha’i rahimahullah berkata : . كَانُوا يَقُولُونَ: إِذَا قَالَ الرَّجُلُ لِلرَّجُلِ: يَا حِمَارُ، يَا كَلْبُ، يَا خِنْزِيرُ؛ قَالَ اللَّهُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ: أَتَرَانِي خَلَقْتُ كَلْبًا أَوْ حِمَارًا أَوْ خِنْزِيرًا؟. . “Mereka (para tabi’in) dahulu mengatakan, jika seseorang mencela orang lain dengan perkataan ‘wahai keledai‘, ‘wahai anjing‘, ‘wahai babi‘ maka kelak Allah Ta'ala akan bertanya kepadanya di hari kiamat: ‘apakah engkau melihat Aku menciptakan (dia) sebagai anjing atau keledai atau babi?’.” (diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf 5/238) .⁣ 👤 Follow 👉 @komunitasnekadhijrah ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ 👤 Follow 👉 @komunitasnekadhijrah ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ 👤 Follow 👉 @komunitasnekadhijrah ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ ...

BALASAN DARI SHALAT RAWATIB
.
Dari Ummu Habibah –istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam-, Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa mengerjakan shalat sunnah dalam sehari-semalam sebanyak 12 raka’at, maka karena sebab amalan tersebut, ia akan dibangun sebuah rumah di surga.” (HR. Muslim, no. 728)

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa merutinkan shalat sunnah dua belas raka’at dalam sehari, maka Allah akan membangunkan bagi dia sebuah rumah di surga. Dua belas raka’at tersebut adalah empat raka’at sebelum  zhuhur, dua raka’at sesudah zhuhur, dua raka’at sesudah maghrib, dua raka’at sesudah ‘Isya, dan dua raka’at sebelum shubuh.” (HR. Tirmidzi, no. 414; Ibnu Majah, no. 1140; An-Nasa’i, no. 1795. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Sumber : Rumaysho.com
@rumayshocom

#allah #muhammad #islam #muslim #muslimah #mukmin #alquran #hadits #sunnah #taubat #tauhid #hijrah
#fiqihmuslimah #fiqihwanita_ #fikihmuslimah.

BALASAN DARI SHALAT RAWATIB . Dari Ummu Habibah –istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam-, Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa mengerjakan shalat sunnah dalam sehari-semalam sebanyak 12 raka’at, maka karena sebab amalan tersebut, ia akan dibangun sebuah rumah di surga.” (HR. Muslim, no. 728) Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa merutinkan shalat sunnah dua belas raka’at dalam sehari, maka Allah akan membangunkan bagi dia sebuah rumah di surga. Dua belas raka’at tersebut adalah empat raka’at sebelum  zhuhur, dua raka’at sesudah zhuhur, dua raka’at sesudah maghrib, dua raka’at sesudah ‘Isya, dan dua raka’at sebelum shubuh.” (HR. Tirmidzi, no. 414; Ibnu Majah, no. 1140; An-Nasa’i, no. 1795. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan) Sumber : Rumaysho.com @rumayshocom #allah #muhammad #islam #muslim #muslimah #mukmin #alquran #hadits #sunnah #taubat #tauhid #hijrah #fiqihmuslimah #fiqihwanita_ #fikihmuslimah ...

Pemuda adalah generasi.. Bangkit atau tidaknya agama ini, tergantung dari pemudanya.. Maka memberi pemahaman islam pada pemuda adalah keharusan.. Pemuda harus bisa membedakan, yg baik dan yg buruk, Yg haq dan yg batil, Tidak hanya untuk keselamatan agama,  tapi juga untuk keselamatannya.. . . . . “Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridha dan diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku.” (QS. Al-Fajr: 27-30)
. 
Saudaramu @yogasaputra.97 . . . . 
#Allah #pemudahijrah #shift #yukngaji #yukhijrah #sahabathijrah #hijrahsantun #sahabatsurga #beraniberhijrah #videoislam #tausiyahku #hijrahcinta #nasehatcinta #tausiyahcinta #videodakwah #kajianislam #fiqihwanita_ #perjalananberhijrah #predatorquran #indonesiabertauhidofficial #remajadakwah #pecintaquran #kumpulankajian #jomblofisabilillah #dakwahjomblo #dakwahtauhid #pemudaislam #indonesiamengaji #aswaja #indonesiatanpapacaran.

Pemuda adalah generasi.. Bangkit atau tidaknya agama ini, tergantung dari pemudanya.. Maka memberi pemahaman islam pada pemuda adalah keharusan.. Pemuda harus bisa membedakan, yg baik dan yg buruk, Yg haq dan yg batil, Tidak hanya untuk keselamatan agama, tapi juga untuk keselamatannya.. . . . . “Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridha dan diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku.” (QS. Al-Fajr: 27-30) . Saudaramu @yogasaputra. 97 . . . . #Allah #pemudahijrah #shift #yukngaji #yukhijrah #sahabathijrah #hijrahsantun #sahabatsurga #beraniberhijrah #videoislam #tausiyahku #hijrahcinta #nasehatcinta #tausiyahcinta #videodakwah #kajianislam #fiqihwanita_ #perjalananberhijrah #predatorquran #indonesiabertauhidofficial #remajadakwah #pecintaquran #kumpulankajian #jomblofisabilillah #dakwahjomblo #dakwahtauhid #pemudaislam #indonesiamengaji #aswaja #indonesiatanpapacaran ...

Most Recent

Memakai pacar atau hena, termasuk perkara mubah. Karena tradisi semacam ini telah dikenal di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Diantara dalilnya,
Hadis dari A’isyah radhiyallahu ‘anha, beliau menceritakan,
Ada seorang wanita menjulurkan tangannya dibalik tabir, menyerahkan sebuah surat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menahan tangan beliau sendiri (tidak mengambil suratnya). Hingga wanita itu bertanya,
”Ya Rasulullah, aku ulurkan tanganku untuk menyerahkan surat, mengapa anda tidak mengambilnya.”
Lalu beliau mengatakan, ”Sungguh aku tidak tahu, apakah ini tangan wanita ataukah laki-laki.”
”Ini tangan wanita.” jawab orang itu.
Lalu beliau bersabda
”Jika kamu seorang wanita, seharusnya kamu ubah kukumu dengan hena.” (HR. Nasai 5089, Abu Daud 4166 dan dihasankan al-Albani)
.
Hena atau pacar tangan, termasuk perhiasan yang bisa menarik perhatian lawan jenis. Karena itu, para wanita yang memakai hena atau pacar di tangan, hendaknya menutupinya dan tidak ditampakkan kepada lelaki yang bukan mahram. Berdasarkan kandungan makna firman Allah,
.
Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan mereka harus menutupkan kain kudung kedadanya, danjanganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka … (QS. An-Nur: 31)
.
Makna ’janganlah menampakkan perhiasannya’ semua yang menarik perhatian lawan jenis, termasuk tangannya yang diberi hena. Karena itu, yang lebih tepat, hena digunakan untuk berhias diri di depan suami.
.
Sementara yang belum menikah, sebaiknya tidak menggunakan pacar, terlebih jika itu ditampakkan sehingga mengundang perhatian orang.
.
Ust. Ammi Nur Baits
.
sumber: Konsultasisyariah.com
Via rizkylukylollasari
#fiqihmuslimah #fiqihwanita_
__________
.
Follow @bukharasunnah
Follow @bukharasunnah.

Memakai pacar atau hena, termasuk perkara mubah. Karena tradisi semacam ini telah dikenal di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Diantara dalilnya, Hadis dari A’isyah radhiyallahu ‘anha, beliau menceritakan, Ada seorang wanita menjulurkan tangannya dibalik tabir, menyerahkan sebuah surat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menahan tangan beliau sendiri (tidak mengambil suratnya). Hingga wanita itu bertanya, ”Ya Rasulullah, aku ulurkan tanganku untuk menyerahkan surat, mengapa anda tidak mengambilnya.” Lalu beliau mengatakan, ”Sungguh aku tidak tahu, apakah ini tangan wanita ataukah laki-laki.” ”Ini tangan wanita.” jawab orang itu. Lalu beliau bersabda ”Jika kamu seorang wanita, seharusnya kamu ubah kukumu dengan hena.” (HR. Nasai 5089, Abu Daud 4166 dan dihasankan al-Albani) . Hena atau pacar tangan, termasuk perhiasan yang bisa menarik perhatian lawan jenis. Karena itu, para wanita yang memakai hena atau pacar di tangan, hendaknya menutupinya dan tidak ditampakkan kepada lelaki yang bukan mahram. Berdasarkan kandungan makna firman Allah, . Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan mereka harus menutupkan kain kudung kedadanya, danjanganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka … (QS. An-Nur: 31) . Makna ’janganlah menampakkan perhiasannya’ semua yang menarik perhatian lawan jenis, termasuk tangannya yang diberi hena. Karena itu, yang lebih tepat, hena digunakan untuk berhias diri di depan suami. . Sementara yang belum menikah, sebaiknya tidak menggunakan pacar, terlebih jika itu ditampakkan sehingga mengundang perhatian orang. . Ust. Ammi Nur Baits . sumber: Konsultasisyariah.com Via rizkylukylollasari #fiqihmuslimah #fiqihwanita_ __________ . Follow @bukharasunnah Follow @bukharasunnah ...

. Seringnya di bohongi, dilukai perasaan membuat rasa kepercayaan dan cinta pun mulai luntur . Tapi kebanyakan wanita memilih bertahan dengan alasan demi anak. . Jangan hanya demi anak ukhtifillah tapi apa yang engkau lakukan karena imanmu kepada Allah ta'ala . Menikah itu ibadah yang paling lama, perjalanannya pun ada pasang surutnya tapi jika engkau sabar dan ikhlas maka syurga menantimu . Tidak mudah memang tapi akan berasa ringan saat kau ikhlas dan tawakkal menjalaninya . Jalani pernikahanmu layaknya kau mengerjakan sholat jika tidak bisa berdiri bisa dg duduk jika tdk bisa duduk maka bisa sambil tiduran maka jalani semuanya itu tanpa lelah dan hanya berharap ridho dari Allah ta'ala  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,  إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ . “Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih). . Dan  jangan pernah putus mendoakan pasangan kita agar Allah bukakan pintu hidayah . Semoga bermanfaat . ©ummu.fatum #fiqihmuslimah #fiqihwanita_ _________ . Follow @fikihmuslimah_ ✔ Follow @fikihmuslimah_ ✔ ..

. Seringnya di bohongi, dilukai perasaan membuat rasa kepercayaan dan cinta pun mulai luntur . Tapi kebanyakan wanita memilih bertahan dengan alasan demi anak. . Jangan hanya demi anak ukhtifillah tapi apa yang engkau lakukan karena imanmu kepada Allah ta'ala . Menikah itu ibadah yang paling lama, perjalanannya pun ada pasang surutnya tapi jika engkau sabar dan ikhlas maka syurga menantimu . Tidak mudah memang tapi akan berasa ringan saat kau ikhlas dan tawakkal menjalaninya . Jalani pernikahanmu layaknya kau mengerjakan sholat jika tidak bisa berdiri bisa dg duduk jika tdk bisa duduk maka bisa sambil tiduran maka jalani semuanya itu tanpa lelah dan hanya berharap ridho dari Allah ta'ala Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ . “Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih). . Dan jangan pernah putus mendoakan pasangan kita agar Allah bukakan pintu hidayah . Semoga bermanfaat . ©ummu.fatum #fiqihmuslimah #fiqihwanita_ _________ . Follow @fikihmuslimah_ ✔ Follow @fikihmuslimah_ ✔ . ...

.
Seringnya di bohongi, dilukai perasaan membuat rasa kepercayaan dan cinta pun mulai luntur
.
Tapi kebanyakan wanita memilih bertahan dengan alasan demi anak.
.
Jangan hanya demi anak ukhtifillah
tapi apa yang engkau lakukan karena imanmu kepada Allah ta'ala
.
Menikah itu ibadah yang paling lama, perjalanannya pun ada pasang surutnya tapi jika engkau sabar dan ikhlas maka syurga menantimu
.
Tidak mudah memang tapi akan berasa ringan saat kau ikhlas dan tawakkal menjalaninya
.
Jalani pernikahanmu layaknya kau mengerjakan sholat jika tidak bisa berdiri bisa dg duduk jika tdk bisa duduk maka bisa sambil tiduran
maka jalani semuanya itu tanpa lelah dan hanya berharap ridho dari Allah ta'ala 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ
.
“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih).
.
Dan  jangan pernah putus mendoakan pasangan kita agar Allah bukakan pintu hidayah .
Semoga bermanfaat
. ©ummu.fatum
#fiqihmuslimah #fiqihwanita_
_________
.
Follow @fikihmuslimah_ ✔
Follow @fikihmuslimah_ ✔
..

. Seringnya di bohongi, dilukai perasaan membuat rasa kepercayaan dan cinta pun mulai luntur . Tapi kebanyakan wanita memilih bertahan dengan alasan demi anak. . Jangan hanya demi anak ukhtifillah tapi apa yang engkau lakukan karena imanmu kepada Allah ta'ala . Menikah itu ibadah yang paling lama, perjalanannya pun ada pasang surutnya tapi jika engkau sabar dan ikhlas maka syurga menantimu . Tidak mudah memang tapi akan berasa ringan saat kau ikhlas dan tawakkal menjalaninya . Jalani pernikahanmu layaknya kau mengerjakan sholat jika tidak bisa berdiri bisa dg duduk jika tdk bisa duduk maka bisa sambil tiduran maka jalani semuanya itu tanpa lelah dan hanya berharap ridho dari Allah ta'ala Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ . “Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih). . Dan jangan pernah putus mendoakan pasangan kita agar Allah bukakan pintu hidayah . Semoga bermanfaat . ©ummu.fatum #fiqihmuslimah #fiqihwanita_ _________ . Follow @fikihmuslimah_ ✔ Follow @fikihmuslimah_ ✔ . ...

Ustadz Abdullah Taslim
.
Titip salam, biasanya dilakukan dari orang yang tidak bisa ketemu dengan kenalan yang dia cintai. Untuk meunjukkan rasa cinta itu, dia titip salam kepada orang lain yang bisa menemuinya.

Kejadian titip salam semacam ini telah dilakukan di zaman Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Diantaranya, malaikat Jibril, titip salam melalui Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk Aisyah Radhiyallahu ‘anha. Karena Aisyah tidak melihat Jibril. Dan ini menunjukkan bagaimana penghormatan yang diberikan Jibril kepada Aisyah.

Aisyah menceritakan,

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « يَا عَائِشَةُ هَذَا جِبْرِيلُ يَقْرَأُ عَلَيْكِ السَّلاَمَ ». فَقُلْتُ وَعَلَيْهِ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللَّهِ. وَهُوَ يَرَى مَا لاَ أَرَى

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Wahai Aisyah, ini Jibril, beliau menyampaikan salam untukmu.” Aku jawab, ‘Wa alaihis Salam wa Rahmatullah.’ Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat apa yang tidak saya lihat. (HR. Bukhari 3217, Muslim 6457 dan yang lainnya). Hal ini pernah dilakukan oleh Ibnu Abbas . Beliau pernah diundang untuk mendatangi walimah, namun tidak bisa hadir karena sibuk menangani masalah pengairan. Beliau berpesan kepada yang lain,

أجيبوا أخاكم، واقرؤوا عليه السلام، وأخبروه أني مشغول

Datangi undangan saudara kalian, dan sampaikan salamku untuknya. Sampaikan juga, saya sedang sibuk. (HR. Abdurrazaq dalam al-Mushannaf 19664, Baihaqi dalam al-Kubro 14317, dan sanadnya dishahihkan oleh Ibnu Hajar). Demikian pula yang dilakukan Khalid bin Walid Radhiyallahu ‘anhu. Beliau pernah mengutus Ibnu Wabarah al-Kalbi untuk menemui Umar di Madinah. Diapun menemuinya, dan ketika itu ada Utsman, Abdurrahman bin Auf, Ali, Thalhah, dan Zubair binn Awam. Mereka bersandar di masjid. Abu Wabarah mengatakan,

إِنَّ خَالِدَ بْنَ الْوَلِيدِ أَرْسَلَنِى إِلَيْكَ وَهُوَ يَقْرَأُ عَلَيْكَ السَّلاَمَ

Khalid bin Walid menyuruhku untuk menemui anda, dan beliau menyampaikan salam kepada anda. (HR. Ad-Daruquthni 3366).
.
📓 Sumber : Konsultasi Syariah.com
⏩ safdahTv
🎬 @yuslimlahudinahmad
.
#yuslimlahudinahmad#fiqihmuslimah #fiqihwanita_.

Ustadz Abdullah Taslim . Titip salam, biasanya dilakukan dari orang yang tidak bisa ketemu dengan kenalan yang dia cintai. Untuk meunjukkan rasa cinta itu, dia titip salam kepada orang lain yang bisa menemuinya. Kejadian titip salam semacam ini telah dilakukan di zaman Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Diantaranya, malaikat Jibril, titip salam melalui Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk Aisyah Radhiyallahu ‘anha. Karena Aisyah tidak melihat Jibril. Dan ini menunjukkan bagaimana penghormatan yang diberikan Jibril kepada Aisyah. Aisyah menceritakan, قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « يَا عَائِشَةُ هَذَا جِبْرِيلُ يَقْرَأُ عَلَيْكِ السَّلاَمَ ». فَقُلْتُ وَعَلَيْهِ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللَّهِ. وَهُوَ يَرَى مَا لاَ أَرَى Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Wahai Aisyah, ini Jibril, beliau menyampaikan salam untukmu.” Aku jawab, ‘Wa alaihis Salam wa Rahmatullah.’ Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat apa yang tidak saya lihat. (HR. Bukhari 3217, Muslim 6457 dan yang lainnya). Hal ini pernah dilakukan oleh Ibnu Abbas . Beliau pernah diundang untuk mendatangi walimah, namun tidak bisa hadir karena sibuk menangani masalah pengairan. Beliau berpesan kepada yang lain, أجيبوا أخاكم، واقرؤوا عليه السلام، وأخبروه أني مشغول Datangi undangan saudara kalian, dan sampaikan salamku untuknya. Sampaikan juga, saya sedang sibuk. (HR. Abdurrazaq dalam al-Mushannaf 19664, Baihaqi dalam al-Kubro 14317, dan sanadnya dishahihkan oleh Ibnu Hajar). Demikian pula yang dilakukan Khalid bin Walid Radhiyallahu ‘anhu. Beliau pernah mengutus Ibnu Wabarah al-Kalbi untuk menemui Umar di Madinah. Diapun menemuinya, dan ketika itu ada Utsman, Abdurrahman bin Auf, Ali, Thalhah, dan Zubair binn Awam. Mereka bersandar di masjid. Abu Wabarah mengatakan, إِنَّ خَالِدَ بْنَ الْوَلِيدِ أَرْسَلَنِى إِلَيْكَ وَهُوَ يَقْرَأُ عَلَيْكَ السَّلاَمَ Khalid bin Walid menyuruhku untuk menemui anda, dan beliau menyampaikan salam kepada anda. (HR. Ad-Daruquthni 3366). . 📓 Sumber : Konsultasi Syariah.com ⏩ safdahTv 🎬 @yuslimlahudinahmad . #yuslimlahudinahmad #fiqihmuslimah #fiqihwanita_ ...

Sudah kita ketahui bagaimana keutamaan shalat Shubuh. Shalat tersebut adalah shalat yang sangat utama. Lebih-lebih Allah memberikan penjaminan rasa aman bagi yang rutin menjaganya. Jika seseorang meninggalkan shalat Shubuh dengan sengaja bahkan dijadikan rutinitas, yang jelas seperti itu adalah dosa besar. Lalu, bagaimana jika telat shubuh karena ketiduran?

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang lupa shalat atau tertidur, maka tebusannya adalah ia shalat ketika ia ingat.” (HR. Muslim no. 684)

Imam Nawawi mengatakan bahwa kewajiban orang yang lupa saat itu adalah mengerjakan shalat semisal yang ia tinggalkan dan tidak ada kewajiban tambahan selain itu. (Syarh Shahih Muslim, 5: 172). Para ulama Al Lajnah Ad Daimah mengatakan, “Jika engkau ketiduran atau lupa sehingga luput dari waktu shalat, maka hendaklah engkau shalat ketika engkau terbangun dari tidur atau ketika ingat walaupun ketika itu saat terbit atau tenggelamnya matahari.” (Fatawa Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’, pertanyaan pertama dari Fatwa nomor 6196, 6: 10)

Semoga bermanfaat 🙂
(rumayshocom)
.
#fiqihmuslimah #fiqihwanita_
#repost.

Sudah kita ketahui bagaimana keutamaan shalat Shubuh. Shalat tersebut adalah shalat yang sangat utama. Lebih-lebih Allah memberikan penjaminan rasa aman bagi yang rutin menjaganya. Jika seseorang meninggalkan shalat Shubuh dengan sengaja bahkan dijadikan rutinitas, yang jelas seperti itu adalah dosa besar. Lalu, bagaimana jika telat shubuh karena ketiduran? Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang lupa shalat atau tertidur, maka tebusannya adalah ia shalat ketika ia ingat.” (HR. Muslim no. 684) Imam Nawawi mengatakan bahwa kewajiban orang yang lupa saat itu adalah mengerjakan shalat semisal yang ia tinggalkan dan tidak ada kewajiban tambahan selain itu. (Syarh Shahih Muslim, 5: 172). Para ulama Al Lajnah Ad Daimah mengatakan, “Jika engkau ketiduran atau lupa sehingga luput dari waktu shalat, maka hendaklah engkau shalat ketika engkau terbangun dari tidur atau ketika ingat walaupun ketika itu saat terbit atau tenggelamnya matahari.” (Fatawa Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’, pertanyaan pertama dari Fatwa nomor 6196, 6: 10) Semoga bermanfaat 🙂 (rumayshocom) . #fiqihmuslimah #fiqihwanita_ #repost ...

Bismillah 
Yuk, amalkan doa ini. Dan istiqomahkan semoga Allah mengampuni segala dosa yang kita lakukan. Aamiin
Semoga bermanfaat.
.
.
.
@uniarty
#uniarty##fiqihwanita_
____
.
Follow @fikihmuslimah_
Follow @fikihmuslimah_.

Bismillah Yuk, amalkan doa ini. Dan istiqomahkan semoga Allah mengampuni segala dosa yang kita lakukan. Aamiin Semoga bermanfaat. . . . @uniarty #uniarty ##fiqihwanita_ ____ . Follow @fikihmuslimah_ Follow @fikihmuslimah_ ...